Cara Menghilangkan Kutil di Jari Tangan dan Kaki

Cara menghilangkan kutil di jari tangan dan kaki
Cara menghilangkan kutil di jari tangan dan kaki

Kutil yang terbentuk pada jari tangan atau kaki dapat meningkatkan risiko infeksi kuku dan jaringan sekitarnya. Kondisi ini bahkan bisa mengakibatkan kerusakan permanen pada kuku. Untungnya, ada beberapa cara yang bisa Kalian lakukan untuk cara menghilangkan kutil di jari tangan dan kaki.

Cara menghilangkan kutil di jari tangan dan kaki

kutil pada jari tangan dan kaki, biasanya muncul pada usia anak-anak dan remaja. Terutama pada anak-anak yang gemar menggigit kukunya. Benjolan adanya kutil awalnya berukuran kecil, lalu bertambah hingga besar dan tampak menghitam pada tangan atau kaki.

Seperti jenis kutil pada umumnya, kutil periungual disebabkan oleh human papilloma virus (HPV). Jenis kutil ini cukup sulit untuk dihilangkan, tetapi ada pengobatan akan lebih efektif jika dimulai dari usia dini atau masih berbentu kutil yang kecil.

Berikut adalah beberapa cara untuk menghilangkan kutil di jari tangan dan kaki:
1.  Asam salisilat

Dikenal sebagai metode paling mudah dan efektif mengatasi kutil, dengan asam salisilat bekerja dengan cara mengelupas lapisan kulit yang terinfeksi hingga seluruh kutil akan hilang. Senyawa ini juga memicu sistem imun tubuh untuk membuat lapisan sel kulit baru yang sehat.

Asam salisilat bekerja perlahan sehingga sampai kutil benar-benar hilang. Itu sebabnya, kalian mungkin butuh waktu sekitar 12 minggu untuk pengobatan supaya menghilang. Produk ini memiliki efek samping mengiritasi kulit, jadi berkonsultasilah dahulu dengan dokter sebelum menggunakan produk Asam salisilat ini.

2.  Suntikan Antigen

Antigen adalah zat asing yang dapat menyebabkan penyakit. Jika diberikan dalam jumlah yang aman, antigen dapat merangsang reaksi sistem kekebalan tubuh. Reaksi inilah yang kemudian bisa menghilangkan kutil di jari tangan dan kaki.

Pertama-tama, dokter perlu memastikan dahulu bahwa tubuh kalian mampu membentuk kekebalan terhadap Suntikan antigen yang diberikan. Setelah itu, dokter akan memberi suntikan antigen berupa virus gondong atau jamur Candida dalam jumlah yang terkendali kepada kalian.

3.  Terapi Laser

Terapi laser digunakan jika berbagai cara dalam pengobatan masih tidak bisa menghilangkan kutil di jari tangan dan kaki. bisa kalian coba dengan pengobatan menggunakan Sinar laser yang akan membakar jaringan kutil, tapi dokter juga bisa menambahkan bahan kimia seperti aminolevulinic acid untuk mempercepat prosesnya.

Terapi ini mungkin dapat menimbulkan rasa nyeri selama beberapa hari maka kalian bisa siapkan diri sebelum pengobatan Terapi Laser. Ini adalah reaksi hal yang wajar. Namun, kalian segera kunjungi dokter jika Anda mengalami tanda-tanda infeksi seperti demam tinggi, rasa nyeri bertambah parah, serta keluarnya nanah dari bekas kutil.

4. Operasi

Ini adalah langkah akhir dalam pengobatan untuk menghilankan kutil di jari tangan dan kaki jika pengobatan sebelumnya masih belum bisa untuk menghilangkan kutil di jari tangan dan kaki kalian.

Operasi biasanya dilakukan apabila kutil telah menyebabkan komplikasi, misalnya kerusakan pada kuku. Pertama, dokter akan mengelupas atau memotong jaringan kutil. Kemudian, luka bekas operasi ditutup dengan panas dari mesin kauter.

Meski demikian, Kalian dapat mencegah munculnya kutil dengan beberapa cara. Di antaranya rajin mencuci tangan, tidak menggigiti kuku, tidak pinjam-meminjam pemotong kuku, dan menggunakan sarung tangan saat harus kena air dalam waktu lama.

Semoga ini menjadikan Cara bagi kalian sangat bermanfaat dimana kita juga harus menjaga kesehatan dengan masing – masing cara yang bisa kita lakukan .

Post Author: RuangLabs

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Kesehatan, dan Teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *