Cara Mengatasi Gejala Muntaber Pada Anak

Muntaber Pada Anak

Anak yang mengalami muntah dan buang-buang air terus secara bersamaan bisa menandakan anak ini terkena muntaber. Nah Apa saja gejala dan penyebab muntaber pada anak, serta bagaimana cara terbaik mengatasi gejala muntaber ini ?

Anak yang mengalami muntah dan buang-buang air terus secara bersamaan bisa menandakan anak ini terkena muntaber. Nah Apa saja gejala dan penyebab muntaber pada anak, serta bagaimana cara terbaik mengatasi gejala muntaber ini ?

Apa itu Gejala Muntaber ?
Muntaber (singkatan dari “muntah” dan “berak”) adalah istilah awam dari penyakit pencernaan yang disebut gastroenteritis atau flu perut. Muntaber adalah infeksi yang paling sering dialami anak-anak dan bukan hanya anak – anak , orang dewasa juga bisa mengalaminya. Gejala Muntaber adalah gejala nomor 2 tertinggi setelah infeksi pernapasan atas (ISPA) seperti pilek.

Apa penyebab gejala muntaber pada anak?
Gejala Muntaber sering disebabkan karena infeksi virus, bakteri, dan parasit yang menyerang pencernaan anak. Berikut ulasan lebih lengkapnya soal penyebab gejala muntaber pada anak:

1. Infeksi adanya virus
Sebagian besar kasus muntaber pada anak disebabkan adanya virus. Virus termasuk penyebab muntaber yang paling mudah menyebar dan menular dari satu orang ke orang lain.

2. Infeksi adanya bakteri pada tubuh
Racun yang dihasilkan oleh bakteri akan masuk ke dalam makanan. Racun itu akan terus tersimpan di sana jika makanan tidak dimasak dengan matang atau disimpan dengan benar.

3. Infeksi Parasit
Parasit biasanya bisa menginfeksi tubuh anak lewat air minum yang kotor atau ketika anak tidak sengaja menelan air kolam renang.

apakah gejala muntaber menular pada anak ke anak yang lain?

Daya tahan tubuh anak kecil, termasuk bayi dan balita, masih belum sesempurna orang dewasa sehingga belum cukup kuat untuk melawan virus dan bakteri.
Kuman penyebab gejala muntaber dapat menyerang anak lewat beragam kemungkinan jalur, seperti:
1. Berasal dari makanan dan air minum.
2. Dari barang yang terkontaminasi.
3. Lewat cairan muntah.
4. Dari feses orang muntaber.

Apa saja gejala muntaber pada anak?
Gejala Muntaber ini kebanyakan pada kasus yang terjadi pada anak bisa terlihat 1-3 hari.

  • Demam
  • Perut Kram
  • Sakit Perut
  • Sakit Kepala
  • Lemas
  • Nafsu makan jadi turun

Bagaimana cara mengatasi gejala muntaber pada anak

Kondisi ini pun umumnya tidak perlu penanganan medis dengan serius, akan tetapi kalau salah penanganan bisa menimbulkan komplikasi seperti dehidrasi yang membahayakan si kecil.

  • Minum air yang banyak
    Untuk langkah pertama yang perlu di lakukan untuk mengatasi gejala muntaber pada anak yakni orang tua harus memberikan penanganan pertama dengan memberikan banyak cairan atau air minum pada anak.
  • Istirahat dengan waktu yang cukup
  • Makan makanan yang mudah dicerna
    Ketika anak terinfeksi gejala muntaber orang tua harus memberikan makanan yang bisa membantu menghentikan gejala muntaber.
  • Tidak perlu orang tua memberikan obar diare pada anak.
  • Berikan Suplemen zinc.

Sekian dan Terima Kasih semoga bermanfaat bagi Kalian !

Post Author: RuangLabs

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Kesehatan, dan Teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *